Selasa, 24 Februari 2009

UAN

10 JURUS MENJEMPUT SUKSES UAN
Oleh: Herlan Firmansyah, S.Pd, M.Pd

Kata orang, masa SMA adalah masa yang paling indah di saat remaja. Karena pada masa inilah seseorang mulai mencari jati diri kita sebagai remaja yang beranjak dewasa. Di SMA seseorang mulai belajar mandiri dan yang paling menonjol di SMA itu biasanya masalah percintaan dan persahabatan. Percintaan dan persahabatan tak pernah lepas dari setiap pembicaraan para remaja. Tapi buat kelas tiga nih, kalau bisa masalah percintaan dan persahabatan ini kita kesampingkan dulu karena kita harus mulai fokus terhadap UAN dan SPMB (bagi yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi), terlebih UAN kesempatanya hanya satu kali lo.. seumur hidup kamu...jangan sampai kamu ‘ntar kecewa di ujung dan orang tua kamu yang udah abis-abisan ngebiayain kamu kecewa pula..macam mana kau ini nanti….(emh…..)
Ingatlah kata pujangga bahwa waktu itu berjalan bagaikan awan dan lari bagaikan angin. Terkadang kita sendiri tidak menyadarinya. Tinggal beberapa bulan lagi menghadapi UAN dan SPMB, jadi kamu-kamu yang sekarang sudah kelas tiga harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya sejak sekarang untuk menghadapi ujian nanti. Kita diberi waktu setiap minggunya 7 hari dan setiap harinya 24 jam, itu adalah modal kamu, yang pintar dan kurang pintar, yang di SMA 1, yang di MAN, sama segitu modal waktunya. Waktu dapat berjalan efektif atau tidak bergantung pada bagaimana cara kita menyikapinya. Nah, bagi kamu-kamu yang lagi sibuk sama masalah percintaan dan pesahabatannya lebih baik di tunda dulu deh...ya...ya..., utamakan dulu untuk fokus terhadap pelajaran untuk menghadapi UAN. Nyesel belakangan kaga berguna lo....kapan lagi kamu dapat kesempatan UAN...? sampai kamu nenek2 dan kakek2 pun, kaga bakalan dapat lagi selain April nanti...sok ah sing soson-soson nyiapkeun sagalana, gewat..!
Nah...buat kamu-kamu yang lagi seneng ngumpul bareng temen-temennya, kalau bisa kegiatan kalian digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat saja seperti belajar bersama atau melakukan hal positif lainnya. Jadi hubungan kita sama sahabat berjalan mulus dan UAN pun lulus. Mungkin sempat terselip kemauan kita agar UAN ditiadakan, tapi kita kan enggak bisa mengubah keputusan para pejabat negara yang telah menetapkan UAN. Segala sesuatu itu ada peraturannya. Maka dari itu kita sendiri yang harus bisa mengubah sikap kita dalam menyambut UAN. Dengan sikap yang tepat pasti kita bisa lulus UAN dengan hasil yang membanggakan. Semangat...Semangat....!
Ada strategi agar kita bisa lulus UAN tanpa harus belajar seharian sehingga tidak bisa mengatur waktu. kita tetap bisa mengatur kapan waktu belajar, tidur cukup, bahkan waktu kita untuk ngumpul bareng temen-temen. Nih strateginya :
1.Luruskan Niat dan Bulatkan Tekad. Niatkan semuanya untuk Ibadah, biar kaga rugi...dan kuatkan tekad bahwa kita memang ingin lulus UAN. Bila kita yakin dan membulatkan tekad untuk lulus, Insya Allah pasti kita akan lulus. 2. Positif Thingking. Hapuslah pikiran negatif dalam diri kita dan ganti dengan pikiran yang positif. Misalnya, mengganti kata, "Saya tidak bisa" menjadi "Saya yakin bisa" 3. Selektif Mencari Lingkungan. Carilah lingkungan yang bisa memotivasi kita untuk sukses bukan lingkungan yang membuat kita menjadi "down" duluan, apalagi malas-malasan...kaga bakalan lulus lo... 4. Cerdas Mengelola Waktu. Jangan menunda belajar sampai waktu UAN tinggal seminggu lagi atau sebulan lagi. Jadwalkan secara tertulis kapan belajar, kapan main...dan istiqomahlah. jika tidak nyesel belakangan baru tau lo... ingat semua orang modalnya sama 24 jam sehari...peluang untuk suksesnya berarti sama..tinggal bagaimana kita mengatur waktunya dengan baik. 5. Bacalah dan Manfaatkan Potensi Diri. Hanya orang-orang yang mampu mengenali potensi keunggulannyalah yang akhirnya bakal tampil menjadi "pemenang". 6. Jaga Kesehatan. Olah raga yang baik, tidur yang cukup, makan yang bergizi dan jalani pola hidup yang teratur. Jangan sampai pas ujian kamu sakit.. gawat juga kan..! 7. Perbanyak Sharing Pengalaman dengan yang sudah UAN tahun sebelumnya atau dengan guru, supaya banyak masukan sehingga persiapan kamu lebih mateng....telur setengah mateng uenak.. tapi kalau persiapan kamu setengah mateng....ualah...nilainya juga setengah mateng...! 8. Pelajari Soal-Soal UAN Tahun Sebelumnya, dengan mempelajari sola-soal UAN kamu bakalan dapat gambaran karakteristik soal UAN, sehingga kamu tidak ”ngarenjag” ketika lihat soal UAN nanti. 9. Jangan Lupa Berdoa dan Lebih Dekatlah dengan Allah swt ! Sekuat apa pun kita berusaha, Dia-lah yang menentukan segalanya serta mengetahui apa yang terbaik bagi kita. Mintalah dan lebih dekatlah dengan Sang Penentu Segalanya...Dan jangan lupa minta doa kedua orang tua...pecayalah semua itu dapat menjadi energi buat kamu. 10. Tidak Ada Sukses Tanpa Perjuangan dan Kerja Cerdas, don’t forget bahwa masa depan kita BUKAN di tangan orang lain, tapi ditangan kita sendiri...mau jadi orang atau orang-orangan? and............. keep istiqomahlah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar